Ditemukan Planet Baru Mirip Bumi, Bisa Ditinggali

detail_img


Tim sains dari California sudah menemukan sebuah planet baru. Planet ini merupakan planet pertama yang mempunyai kondisi yang sama yang bisa mendukung kehidupan di dalamnya.

“Ini untuk pertama kalinya kami menemukan sebuah planet yang mempunyai massa dan jarak yang jauh untuk mempunyai air yang berlimpah dan atmosfer yang tepat,” kata seorang peneliti Paul Butler. Planet itu duduk dalam lintasan yang disebut oleh para astronom sebagai ‘zona bisa ada habitat’ dan sama persis seperti bumi seperti suhu, besarnya, maupun iklimnya.

Orbit planet tersebut dalam mengelilingi mataharinya sendiri setiap 37 hari tapi tidak berotasi. Jadi, dalam daerah yang sama, selalu mengalami siang hari, tanpa ada malam hari. Suhu permukaan bisa mencapai 160 derajat Fahrenheit dan bisa sedingin minus 27 derajat Fahrenheit. Para ilmuwan sendiri tidak yakin jika planet itu mempunyai air, tapi masih diselidiki.

“Bintangnya begitu dekat, dan kami menemukan dengan cepat susunannya. Jadi bisa disarankan bahwa planet ini bisa ditinggali dengan sangat, sangat umum (seperti halnya di bumi),” kata Butler selanjutnya. Planet ini jauhnya 120 trilyun dari bumi dan mungkin beberapa generasi kemudian baru bisa datang ke planet tersebut.

Mungkinkah kita bisa tinggal di planet tersebut? Mungkin saja ada kehidupan lain di planet tersebut. Kita tidak tahu pasti.

0 komentar:

Posting Komentar